Yusril: Sikap Mendagri di Sidang MK Bisa Jadi Bumerang Presiden Jokowi

SHARE:



KabarViral - Kuasa Hukum HTI Yusril Ihza Mahendra menilai, Mendagri Tjahjo Kumolo telah melakukan propaganda setelah memutar video acara HTI tahun 2013 di sidang pengujian UU di Mahkamah Konstitusi. Padahal, agenda sidang mendengarkan keterangan, bukan memeriksa alat bukti yang diajukan salah satu pihak dalam sidang pembuktian.

"Selaku kuasa hukum HTI saya mempertanyakan penayangan pidato itu dan menganggapnya sebagai propaganda, dan pemerintah telah menyudutkan HTI," kata Yusril di Mahkamah Konstitusi, Rabu (30/8).

Pakar Hukum Tata Negara ini mengatakan, sidang yang digelar,  bukan perkara pidana dan juga bukan perkara tata usaha negara, tetapi perkara pengujian norma Undang-Undang, yakni menguji norma UU terhadap UUD 45. "Bukan mengadili suatu peristiwa kongkret dalam kehidupan masyarakat," katanya.

Menurut Yusril, jika pemerintah mau menjadikan video itu sebagai bukti, seharusnya pada saat agenda sidang pemeriksaan barang bukti. Bukan, pada saat agenda mendengarkan keterangan dari pemerintah sebagai pihak tergugat.

Yusril, mengaku, enggan berdebat dan mempersoalkan keputusan Ketua MK yang mengizinkan video acara HATI tahun 2013 diputar. Arif Hidayat selaku Ketua MK menginzinkan video itu diputar karena alasannya masih berkaitan dengan perkara yang diajukan.

Yusril bersikukuh, pemutaran video tentang HTI yang dianggap menganut, mengembangkan dan menyebarkan paham yang bertentangan dengan Pancasila itu justru menjadi bumerang bagi Presiden Jokowi. Sebab, video itu merekam kegiatan HTI tahun 2013 ketika Presiden RI masih dijabat oleh Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Yusril, jika video itu menjadi bukti adanya kegentingan yang memaksa, sehingga Presiden terpaksa mengeluarkan Perpu, maka Perpu itu seharusnya dikeluarkan oleh Presiden SBY tahun 2013 yang lalu. Tetapi, Presiden SBY memilih mengajukan RUU Ormas untuk dibahas dan disetujui bersama dengan DPR.

Yusril menambahkan, jika pada tahun 2013 kegiatan yang bertentangan dengan Pancasila itu sudah ada, maka seharusnya sejak lama ketentuan UU No. 17 Tahun 2013 tentang Ormas diberlakukan untuk membubarkan ormas itu.

Kata Yusril, sungguh tidak masuk akal jika tiba-tiba di tahun 2017 Presiden Jokowi merasa ada hal ikhwal kegentingan yang memaksa sehingga meneken Perpu untuk memberi jalan mudah bagi Pemerintah untuk membubarkan ormas "anti Pancasila" tanpa proses peradilan lebih dahulu sebagaimana diatur dalam UU No. 17 Tahun 2013.

"Sementara ormas mana yang anti-Pancasila dan tidak, yang berhak menilai adalah Pemerintah sendiri secara sepihak," katanya.

Sidang MK masih akan dilanjutkan untuk mendengarkan keterangan ahli dan saksi yang diajukan oleh Pemohon Ismail Yusanto dan pihak-pihak terkait dalam perkara ini.

-kabarviral/rol

COMMENTS

loading...
Nama

Ahok,3,Aktual,1,Alam,1,Artikel,2,Artis,6,Berita,41,Berita Internasional,15,Berita Nasional,2400,Breaking News,309,DR Zakir Naik,4,Facebook,87,Foto,2,Freeport,3,Gadget,1,Habib Rizieq syihab,2,Heboh,329,Hot News,17,Hot Tips,3,HTI,1,Ibadah,1,Ilmiah,1,Info,81,Inpiratif,14,INSPIRATIF,8,Inspiring,1,Internasional,12,Islam,10,Islami,23,istiwa,3,Jokes,1,Jokowi,5,Jokowi - Ahok,1,Kapolri Tito,1,kecantikan,4,Kehidupan,4,Kesehatan,33,Kisah,40,Kisah Haru,2,Kisah Hikmah,2,Korupsi,2,Kriteria Wanita,1,MANFAAT,2,Muslimah,5,Nasional,1,Opini Nasional,4,Palestina,2,Parenting,1,Penangkapan Aktivis Islam,2,Pendukung Ahok,5,per,2,Peristiwa,2396,Pernikahan,6,Persidangan Ahok,22,Pilkada DKI,8,Politik,7,Public Policy,2,relasi,1,religi,8,Remaja,1,Rohingya,15,Sejarah,2,Sensasi,1,Temuan,1,Tips,38,Trending,2,Tsaqofah Islam,1,Twitter,1,Video,30,Wanita,32,
ltr
item
Kabar Viral Netizen: Yusril: Sikap Mendagri di Sidang MK Bisa Jadi Bumerang Presiden Jokowi
Yusril: Sikap Mendagri di Sidang MK Bisa Jadi Bumerang Presiden Jokowi
https://3.bp.blogspot.com/-5ANexLraIfo/WadVBACO5TI/AAAAAAAAH9E/vdoYXx_K-hkc6CA7KRTXfgwqG0pRtH6fgCLcBGAs/s640/yusril%2Bsidang%2BMK.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-5ANexLraIfo/WadVBACO5TI/AAAAAAAAH9E/vdoYXx_K-hkc6CA7KRTXfgwqG0pRtH6fgCLcBGAs/s72-c/yusril%2Bsidang%2BMK.jpg
Kabar Viral Netizen
http://www.kabarviral.id/2017/08/yusril-sikap-mendagri-di-sidang-mk-bisa.html
http://www.kabarviral.id/
http://www.kabarviral.id/
http://www.kabarviral.id/2017/08/yusril-sikap-mendagri-di-sidang-mk-bisa.html
true
6298287397591316426
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close