Para Penebar Kebencian "Hate Speech" Ternyata Juga Ada Organisasinya

SHARE:



KabarViral - Belakangan ini ujaran kebencian, provokasi isu SARA, hoax dan fitnah bertebaran di media sosial. Saling serang dan bully antara kelompok terjadi hampir setiap hari. Ternyata, ini tak terjadi secara murni. Ada produsen dan organisasi yang mewadahi para akun penebar kebencian. Kemarin, Kepolisian berhasil mengungkap sindikat Saracen. Ada tiga pelaku yang sudah ditangkap dari sindikat ini.

Yang bikin kaget lagi, sindikat yang memilik akun di media sosial Facebook, Twitter dan website sendiri ini kerap mengirimkan proposal kepada beberapa pihak. Menjual jasa untuk menyebarkan kebencian. Setiap proyek, nilainya sampai puluhan juta rupiah. "Mereka menyiapkan proposal. Dalam satu proposal yang kami temukan itu kurang lebih nilanya puluhan juta per proposal," ujar Kasubdit 1 Dit Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar di Mabes Polri, kemarin.

Anwar menerangkan, konten SARA yang akan disebarkan oleh sindikat Saracen disesuaikan dengan keinginan pihak pemesan. Meski demikian, Irwan tidak menjelaskan kepada siapa proposal itu diajukan. Pihaknya tengah mendalami temuan tersebut. Kepolisian juga masih terus melakukan patroli siber untuk melacak akun-akun lain serupa dan pemesan konten ujaran kebencian itu. "Ya ini kita dalami karena memang luasnya dunia maya ini makanya tim juga perlu waktu untuk mengungkap," tandasnya.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran mengungkapkan lebih detail. Sindikat Saracen salah satunya berisi buzzer yang dibayar untuk menyebarkan konten negatif. Mereka memiliki pengikut hingga ratusan ribu akun. Motif kelompok tersebut adalah kepentingan ekonomi. Mereka dibayar oleh pemesan.

Setelah Satgas Patroli Siber memonitor para pelaku yang aktif di media sosial, ketiga pelaku yakni MFT (43) ditangkap di Koja, Jakarta Utara 21 Juli 2017, seorang perempuan berinisial SRN (32) ditangkap di Cianjur, Jawa Barat 5 Agustus 2017 dan JAS (32) yang ditangkap di Pekanbaru, Riau 7 Agustus 2017.

Fadil menjelaskan, sindikat Saracen itu memiliki struktur seperti layaknya organisasi pada umumnya. Mereka sudah melakukan aksinya sejak November 2015. Mereka yang ditangkap memiliki peran masing-masing. "Tersangka JAS ini adalah sebagai Ketua, MFT berperan sebagai bidang Media Informasi dan SRN berperan sebagai Koordinator Grup Wilayah," ujar dia.

Sindikat ini menggunakan isu SARA sesuai perkembangan tren media sosial. Unggahan berupa kata-kata, narasi, maupun meme yang tampilannya mengarahkan opini pembaca untuk berpandangan negatif terhadap kelompok masyarakat lainnya. JAS dipercaya oleh kelompok Saracen karena memiliki kemampuan untuk merecovery akun anggotanya yang diblokir dan bantuan pembuatan berbagai akun baik yang bersifat real, semi anonymous, maupun anonymous.

Kasubag Operasi Satuan Tugas Patroli Siber pada Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, AKBP Susatyo Purnomo menyatakan SRN yang ditangkap Satgas Siber Bareskrim Polri di Cianjur 5 Agustus karena menghina Presiden Jokowi ternyata tergabung dalam sindikat ini. SRN selama ini berperan melakukan ujaran kebencian yaitu dengan memposting ujaran kebencian atas namanya sendiri. Dirinya juga membagikan ulang posting dari anggota Saracen yang bermuatan penghinaan dengan menggunakan akun pribadi dan beberapa akun lain.

Ketiga pelaku yang ditangkap ini dijerat dengan Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 ayat 22 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara dan atau Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara.

Netizen kaget betul dengan temuan ini. Di Twitter, akun @budimandjatmiko meminta polisi mengusut tuntas. "Usut politisi-politisi dan tim sukses yang pakai jasa mereka, yang mengejar kuasa dengan merusak nalar & mental bangsa," cuitnya. Akun @tualen999 menimpali. "Kalau terbukti, bubarkan dan larang ormas atau parpolnya, cabut kewarganegaraan semua yang terlibat, NKRI tidak perlu sampah seperti mereka," cuitnya senada dengan @Ad1winat4. "Memecah belah bangsa lewat isu SARA dilakukan terstruktur & masif. Tangkap donatur & otak pelakunya!"

Sementara akun @FHFlamora menebak siapa pemesannya. "Yang menunggangi ya barisan sakit hati. Ga bisa move on nerima kenyataan bahwa Presiden sekarang itu Pak Jokowi, lanjutkan @ jokowi," kicaunya. Akun @endahse05 tak habis pikir. "Demi kekuasaan ga peduli kerusakan yang ditimbulkan. Model begini harus diberantas sampai keakar-akarnya," kicau dia.

Yang lain memuji keberhasilan polisi. "Bravoo @CCICPolri. Lanjutkan gebuk para pemfitnah, penebar SARA & Kebencian," kicau @semiaji_w serupa dengan @RatuCinta123. "Bravo team anti hoax Indonesia!" .

-kabarviral/rmol

COMMENTS

loading...
Nama

Ahok,3,Aktual,1,Alam,1,Artikel,2,Artis,6,Berita,41,Berita Internasional,15,Berita Nasional,2433,Breaking News,309,DR Zakir Naik,4,Facebook,87,Foto,2,Freeport,3,Gadget,1,Habib Rizieq syihab,2,Heboh,329,Hot News,17,Hot Tips,3,HTI,1,Ibadah,1,Ilmiah,1,Info,81,Inpiratif,14,INSPIRATIF,8,Inspiring,1,Internasional,12,Islam,10,Islami,23,istiwa,3,Jokes,1,Jokowi,5,Jokowi - Ahok,1,Kapolri Tito,1,kecantikan,4,Kehidupan,4,Kesehatan,33,Kisah,40,Kisah Haru,2,Kisah Hikmah,2,Korupsi,2,Kriteria Wanita,1,MANFAAT,2,Muslimah,5,Nasional,1,Opini Nasional,4,Palestina,2,Parenting,1,Penangkapan Aktivis Islam,2,Pendukung Ahok,5,per,2,Peristiwa,2429,Pernikahan,6,Persidangan Ahok,22,Pilkada DKI,8,Politik,7,Public Policy,2,relasi,1,religi,8,Remaja,1,Rohingya,15,Sejarah,3,Sensasi,1,Temuan,1,Tips,38,Trending,2,Tsaqofah Islam,1,Twitter,1,Video,30,Wanita,32,
ltr
item
Kabar Viral Netizen: Para Penebar Kebencian "Hate Speech" Ternyata Juga Ada Organisasinya
Para Penebar Kebencian "Hate Speech" Ternyata Juga Ada Organisasinya
https://3.bp.blogspot.com/-0AaBjIBpwNQ/WZ5FOe1yENI/AAAAAAAAHvg/QFiO6gNdew8zhzMHBHjoFLoMbTbGXO6oQCLcBGAs/s640/hate%2Bspeech.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-0AaBjIBpwNQ/WZ5FOe1yENI/AAAAAAAAHvg/QFiO6gNdew8zhzMHBHjoFLoMbTbGXO6oQCLcBGAs/s72-c/hate%2Bspeech.jpg
Kabar Viral Netizen
http://www.kabarviral.id/2017/08/para-penebar-kebencian-hate-speech.html
http://www.kabarviral.id/
http://www.kabarviral.id/
http://www.kabarviral.id/2017/08/para-penebar-kebencian-hate-speech.html
true
6298287397591316426
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy