Nah lho.. Kwik Kian Gie Isyaratkan Adanya Kongkalikong KKSK dalam SKL BLBI

SHARE:



KabarViral - Eks Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Kwik Kian Gie, secara jelas menyatakan bahwa obligor penerima Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), Sjamsul Nursalim masih memiliki utang ke negara Rp 3,7 triliun. Utang ini merupakan bagian dari BLBI yang belum dikembalikan oleh Sjamsul.

Menjadi menarik karena faktanya, Sjamsul sudah menerima Surat Keterangan Lunas (SKL) atas BLBI yang ia terima. Dengan begitu, artinya pengendali saham Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI) itu dianggap telah mengembalikan seluruh BLBI, yang menurut audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 2000 silam BLBI yang diterima Sjamsul senilai Rp 28 triliun.

“Saya katakan setahu saya iya (Sjamsul masih punya tunggakan Rp 3,7 triliun),” terang Kwik, saat ditemui di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (6/6) siang.

Kalau menurut BPK dalam auditnya, dari total Rp 28 triliun yang diterima, Sjamsul baru mengembalikan Rp 4,932 triliun. Lalu, bagaimana perhitungan pemerintah terhadap pengembalian BLBI yang diterima Sjamsul? Sehingga SKL dapat begitu saja diberikan ke pengusaha yang dikenal juga sebagai pemilik perusahaan ban ternama PT Gajah Tunggal.

Nah menurut Kwik, Sjamsul memang sudah mengembalikan sebagian kecil BLBI yang diterima dengan menyerahkan sejumlah aset. Salah satu aset yang diberikan berasal dari perusahaan bernama PT Dipasena Citra Darmaja. Medio 2000-2004, Dipasena merupakan perusahaan yang bergerak dalam usaha tambak udang dan terbesar se-Asia Tenggara.

Perhitungan KKSK, saat Kwik menjabat sebagai Kepala Bappenas, aset Dipasena tak cukup untuk menutupi pengembalian BLBI yang diterima Sjamsul.

“Tadi (saat berbincang dengan penyidik KPK) membahas tentang Dipasena, dan mengenai SKL yang telah diberikan ke Sjamsul. Meneruskan, (nilai aset yang diserahkan) itu cuma sedikit sekali,” jelas Kwik.

Diketahui, dalam proses pengembalian BLBI, pemerintah membentuk Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK). Komite ini beranggotakan beberapa menteri yang memiliki kewenangan strategis, seperti Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri (Menko Ekuin), Menteri Keuangan (Menkeu) serta Menteri Negara BUMN.

KKSK-lah yang memegang ‘tongkat’ untuk membahas bahkan memutuskan apakah obligor telah mengembalikan seluruh BLBI yang mereka terima. Pada saat Megawati Soekarnopitro menjabat sebagai Presiden RI, KKSK diberikan mandat untuk memberi atau tidak memberi rekomendasi kepada Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) menerbitkan SKL.

Pernyataan Kwik menarik untuk dicermati karena senada dengan hasil penelusuran KPK. Lembaga antirasuah menduga ada dugaan tindak pidana korupsi dalam penerbitan SKL untuk Sjamsul. Alasannya, seperti juga yang disampaikan ekonom ternama di Tanah Air itu, masih ada utang Sjamsul Rp 3,7 triliun.

Agus Rahadjo Cs menyatakan bahwa Rp 3,7 trliun merupakan kerugian keuangan negara. Makanya, KPK menetapkan Kepala BPPN 2002-2004, Syafruddin, sebagai tersangka. Namun lagi-lagi, Syafruddin sejatinya tak bisa menerbitkan SKL secara sepihak tanpa rekomendasi dari KKSK.

Pasti ada andil KKSK dalam penerbitan SKL, tak hanya untuk Sjamsul, tapi juga untuk obligor penerima BLBI lainnya, seperti SKL untuk Salim Grup (BCA), M Hasan (Bank Umum Nasional), Sudwikatmo (Bank Surya) dan Ibrahim Risjad (Bank RSI).

KPK pun menyoroti bagaimana proses yang terjadi di internal KKSK sebelum SKL untuk Sjamsul, ataupun obligor lain seperti yang diungkap di atas diterbitkan. Meski tidak mau secara terang menuding bahwa KKSK juga ikut dalam pusaran korupsi SKL BLBI untuk Sjamsul Nursalim, pihak KPK tetap menyelidiki proses penerbitannya.

“Tentu ada sejumlah pihak yang memiliki kontribusi sampai pada wujudnya SKL itu diterbitkan. Siapa saja pihak itu? Kami sedang mendalaminya. Apa relasi misalnya KKSK dengan tersangka, dan di dalam KKSK bagaimana proses pengambilan keputusan dan alur prosesnya, tentu kami dalami,” papar Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, di kantornya, Jumat (19/5).

Ditekankan Febri, untuk mendalami soal keterkaitan KKSK dalam dugaan korupsi yang menjerat Syafruddin, penyidik KPK pun bakal memanggil para menteri KKSK. Kala SKL itu diterbitkan, Menko Ekuin dijabat oleh Dorodjatun Kuntjoro Jakti, sementara Menkeu ditukangi Boediono, untuk Meneg BUMN dijabat Laksamana Sukardi.

“Karena itulah kita perlu melakukan pemeriksaan pejabat ketika itu, setingkat menteri misalnya. Namun kita juga melakukan pemeriksaan di level-level deputi untuk mengetahui bagaimana proses kebijakan di level KKSK dan di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), serta bagaimana juga teknisnya,” papar Febri ketika itu. -aktual

COMMENTS

loading...
Nama

Ahok,3,Aktual,1,Alam,1,Artikel,2,Artis,6,Berita,41,Berita Internasional,15,Berita Nasional,2400,Breaking News,309,DR Zakir Naik,4,Facebook,87,Foto,2,Freeport,3,Gadget,1,Habib Rizieq syihab,2,Heboh,329,Hot News,17,Hot Tips,3,HTI,1,Ibadah,1,Ilmiah,1,Info,81,Inpiratif,14,INSPIRATIF,8,Inspiring,1,Internasional,12,Islam,10,Islami,23,istiwa,3,Jokes,1,Jokowi,5,Jokowi - Ahok,1,Kapolri Tito,1,kecantikan,4,Kehidupan,4,Kesehatan,33,Kisah,40,Kisah Haru,2,Kisah Hikmah,2,Korupsi,2,Kriteria Wanita,1,MANFAAT,2,Muslimah,5,Nasional,1,Opini Nasional,4,Palestina,2,Parenting,1,Penangkapan Aktivis Islam,2,Pendukung Ahok,5,per,2,Peristiwa,2396,Pernikahan,6,Persidangan Ahok,22,Pilkada DKI,8,Politik,7,Public Policy,2,relasi,1,religi,8,Remaja,1,Rohingya,15,Sejarah,2,Sensasi,1,Temuan,1,Tips,38,Trending,2,Tsaqofah Islam,1,Twitter,1,Video,30,Wanita,32,
ltr
item
Kabar Viral Netizen: Nah lho.. Kwik Kian Gie Isyaratkan Adanya Kongkalikong KKSK dalam SKL BLBI
Nah lho.. Kwik Kian Gie Isyaratkan Adanya Kongkalikong KKSK dalam SKL BLBI
https://2.bp.blogspot.com/-V7Nwl4cyGT0/WTdGOyLt8AI/AAAAAAAAFng/xayU9yT7LOwWD7sbAaDXgc3yx9Y9543aQCLcB/s640/9.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-V7Nwl4cyGT0/WTdGOyLt8AI/AAAAAAAAFng/xayU9yT7LOwWD7sbAaDXgc3yx9Y9543aQCLcB/s72-c/9.jpg
Kabar Viral Netizen
http://www.kabarviral.id/2017/06/kwik-kian-gie-isyaratkan-adanya.html
http://www.kabarviral.id/
http://www.kabarviral.id/
http://www.kabarviral.id/2017/06/kwik-kian-gie-isyaratkan-adanya.html
true
6298287397591316426
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy
close